Lombok

Luas pulau ini menempatkannya pada peringkat 108 dari daftar pulau berdasarkan luasnya di dunia yang menjadikan Pulau Lombok adalah salah satu destinasi favorit wisatawan, baik untuk wisatawan asing dan wisatawan Indonesia.
Lombok

Pulau ini kurang lebih berbentuk bulat dengan semacam “ekor” di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km. Luas pulau ini menempatkannya pada peringkat 108 dari daftar pulau berdasarkan luasnya di dunia yang menjadikan Pulau Lombok adalah salah satu destinasi favorit wisatawan, baik untuk wisatawan asing dan wisatawan Indonesia.

“ There are many lonely, secluded bays where you can have the beach almost for yourself.”

Tourism

Lombok dalam banyak hal mirip dengan Bali, dan pada dasawarsa tahun 1990-an mulai dikenal wisatawan mancanegara. Dimulai pada tahun 2007 sektor pariwisata adalah satu-satunya sektor di Lombok yang berkembang. Pulau lombok menawarkan banyak destinasi objek wisata  wisata alam pilihan seperti pantai, gili, bukit, hutan dan air terjun yang masing2 memiliki daya tarik keindahan alam tersendiri. 

Lombok memiliki Pantai Senggigi, Pantai Mawun, Pantai Seger, Pantai Kuta Mandalika, Pantai Pink, Pantai Nipah, Pantai Aan, Pantai Gerupuk, Pantai Sembalun, Pantai Surga, dan Pantai Mekaki. Lombok juga memiliki berbagai gili yang Indah, GILI artinya pulau kecil. Di Lombok, ada “trio gili” yang sangat terkenal karena keindahan pantainya, yaitu, Gili Terawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Tapi masih ada lagi beberapa gili lain yang tidaj kalah indah yaitu Gili Nanggu, Gili Sundak, Gili Tangkong. Lombok juga memiliki bermacam wisata budaya seperti Rambitan, Desa Sade, Sukarara, Masjid Bayan Beleq, Pura Suranadi, Pura Lingsar, Taman Narmada, Taman Mayura, Masjid Kuno Bilok Petung, dan Desa Banyumulek.

Culinary Heritage  

Lombok, Nusa Tenggara Barat pasti sudah tidak asing lagi dengan kuliner ayam taliwang, karena hampir di setiap sudut kota terdapat tempat makan yang menyajikan menu ini. Selain ayam taliwang, Lombok juga memiliki kuliner khas lain yang tak kalah lezat seperti sate bulayak,yaitu  yaitu  sate daging sapi, usus sapi, dan daging ayam. Bulayak dalam bahasa setempat sama seperti lontong, hanya saja dikemas dengan daun aren dan berbentuk kerucut. Satu kuliner khas Lombok yang berasal dari kampung puyung adalah nasi balap puyung, ciri khas nasi balap puyung adalah disajikan di atas piring anyaman rotan yang dialasi dengan kertas nasi yang digunting menyerupai bunga. Selain penyajiannya yang khas, cita rasa pedasnya pun tidak perlu ditambah sambal, rasa dari lauk nasi balap puyung sudah pedas.

Transportation 

Menikmati pulau Lombok bisa dilakukan dengan menggunakan transportasi cidomo, cikar, atau dokar yang merupakan alat transportasi yang menggunakan tenaga kuda. Sepeda atau ojek juga menjadi pilihan menghindari kemacetan. Mobil untuk bisa mencapai seluruh area Lombok dengan kecepatan dan kenyamanan serta untuk para traveler yang memiliki hobi snorkeling, anda sudah tepat berada di pulau ini dengan menggunakan boat menuju banyak spot snorkeling yang luar biasa indahnya.

Determine the destination according to your travel options.

Area:
4.739 km2
Population:
3,52 million.
Share on social networks
en_USEnglish