Bandung

Kota kembang merupakan sebutan lain untuk kota ini, karena kota ini dinilai sangat cantik dengan banyaknya pohon dan bunga-bunga yang tumbuh di sana.
Bandung

Kota kembang merupakan sebutan lain untuk kota ini, karena kota ini dinilai sangat cantik dengan banyaknya pohon dan bunga-bunga yang tumbuh di sana. Selain itu Bandung dahulunya disebut juga dengan Paris van Java karena keindahannya. 

“Dan Bandung bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan, yang bersamaku ketika sunyi.” Pidi Baiq

Tourism

Pada tahun 1990 kota Bandung terpilih sebagai salah satu kota paling aman di dunia berdasarkan survei majalah Time. Kota yang dikenal sebagai kota belanja, dengan mall dan factory outlet yang banyak tersebar, dan saat ini berangsur-angsur kota Bandung juga menjadi kota wisata kuliner. Dan pada tahun 2007, konsorsium beberapa LSM internasional menjadikan kota Bandung sebagai pilot project kota terkreatif se-Asia Timur. Saat ini kota Bandung merupakan salah satu kota tujuan utama tourism and pendidikan.

Sejak dibukanya Jalan Tol Cipularang, kota Bandung telah menjadi tujuan utama dalam menikmati liburan akhir pekan terutama dari masyarakat yang berasal dari Jakarta sekitarnya. Selain menjadi kota wisata belanja, kota Bandung juga dikenal dengan sejumlah besar bangunan lama berarsitektur peninggalan Belanda.

Kota ini memiliki beberapa kawasan yang menjadi taman kota, selain berfungsi sebagai paru-paru kota juga menjadi tempat rekreasi bagi masyarakat di kota ini. Kebun Binatang Bandung merupakan salah satu kawasan wisata yang sangat diminati oleh masyarakat terutama pada saat hari minggu maupun libur sekolah.

Culinary Heritage  

Kota Bandung adalah surganya pecinta wisata kuliner, saat ini sudah sangat banyak berbagai kuliner unik dan nikmat dari kota ini. Dengan tetap pada khas kuliner kota ini yang dikenal sejak dulu yaitu : Sate Kambing Muda, Bakso Tahu, Batagor (Bakso Tahu Goreng), Cuankie, Brownies Amanda, Surabi, Peuyeum, Cendol, Surabi, Oncom, Peuyeum Bandung, Colenak, Cireng, Karedok, Ambokueh, Lotek, Bandrek, Bajigur, Ketan Bakar, Peuyeum Ketan, Bandros, Bala-bala (bakwan), BusKud, Gehu (toge tahu), De Risol, Comro (Oncom di Jero), Misro (Amis di Jero), Candil, Seblak, Tahu Gejrot dan masih banyak lagi.

Transportation 

Kota Bandung berjarak sekitar 180 km dari Jakarta melalui Cianjur, Puncak dan Bogor, saat ini dapat dicapai melalui jalan Tol Cipularang (Cikampek-Purwakarta-Padalarang) yang hanya berjarak sekitar 150 km dengan waktu tempuh antara 1.5 jam sampai dengan 2 jam. Jalan tol ini merupakan pengembangan dari jalan Tol Padaleunyi (Padalarang-Cileunyi), yang sudah dibangun sebelumnya. Untuk transportasi di dalam kota, masyarakat Bandung biasanya menggunakan angkutan kota atau yang lebih akrab disebut angkot. Selain ojek dan taxi online, bus kota dan taksi juga menjadi alat transportasi di kota ini.

Kota Bandung memiliki sebuah pelabuhan udara yang bernama Bandar Udara Husein Sastranegara untuk menghubungkan kota ini dengan beberapa kota-kota lainnya di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Denpasar, Menado, Yogyakarta, Batam, Mataram, Makassar, Bandar Lampung, Palembang, Pangkalpinang, Semarang, dan Medan. Sedangkan untuk rute luar negeri diantaranya Malaysia, Singapura, Thailand dan Brunei Darussalam.

Kota Bandung juga mempunyai stasiun kereta api utama, yaitu Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong. Selain 2 buah stasiun tersebut, terdapat 5 stasiun KA lain, seperti Gedebage (peti kemas) Cimindi, Andir, Ciroyom dan Cikudapateuh. Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), sedang diupayakan dibangun untuk mengoneksikan kota Jakarta dan Bandung bisa selesai 2022. Menyelesaikan KCJB 2022, mobilitas antar masyarakat di Kota besar ini akan lebih hemat waktu dan ramah lingkungan, mengubungkan antar kota Jakarta dan Bandung bisa dicapai sekitar 45 menit.

Determine the destination according to your travel options.

Area:
167,3 km².
Population:
2,44 million.
Share on social networks
en_USEnglish